Oleh: Mujiono Sadikin | November 11, 2008

Proposal : Pendahuluan

-

-

Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. 9:18)

Ass. Wr. Wb.

 

Proposal ini akan akan menjelaskan secara sekilas mengenai renovasi Musholla An-Nur yang berlokasi di RT 5/10 Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Tujuan dibuatnya proposal ini adalah pembaca memahami latar belakang dan urgensinya pengembangan/renovasi musholla tersebut bagi kepentingan dakwah ummat Islam bagi penduduk sekitar pada khususnya. Selanjutnya diharapkan partisipasi dan dukungan para pembaca bagi pengembangan musholla baik dalam tahap renovasi maupun penggunaannya selama ini dan di masa yang akan datang.

Sekitar tahun 1996 di atas tanah wakaf penduduk setempat didirikanlah Musholla An-Nur dengan luas kurang lebih (6 x 13) M2. Selanjutnya sampai dengan saat ini musholla tersebut telah menjadi pusat kegiatan ibadah dan syiar Islam bagi penduduk sekitar yang melingkupi 2 RT Kelurahan Baru dan 2 RT Kelurahan Kalisari. Semuanya di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Seiring dengan perkembangan penduduk dan jumlah jamaah musholla, maka dirasakan daya tampung dan daya dukung musholla yang sudah berusia lebih dari sepuluh tahun tersebut kini tidak memadai lagi.

 

Kegiatan harian yang dilakukan adalah shalat berjamaah dan pengajian TPA yang dilaksanakan setiap habis maghrib enam hari dalam seminggu. Kegiatan mingguan yang dilakukan antara lain : 1. Pengajian dan yasinan bapak – bapak setiap hari Kamis setelah maghrib dan 2. Pengajian rutin mingguan ibu – ibu setiap Hari Selasa pagi. Karena ada kegiatan pengajian anak – anak setiap sore, seringkali shalat Isya’ berjamaah mengalah untuk tidak dilakukan karena semua tempat dalam digunakan anak – anak. Selain karena ramainya anak – anak, hampir semua tempat sholat dipenuhi oleh buku – buku dan alat tulis anak – anak yang berserakan. Memang pengajian anak – anak tiap sore ini tidak hanya mengajarkan membaca Al-quran. Namun remaja musholla selalu pengelola pengajian ini memberikan pelajaran yang lebih dari sekedar membaca Alquran. Pelajaran lain yang diberikan antara lain : baca tulis Bahasa Arab, cerita kisah – kisah Islami, dan kegiatan bermain dan kerajinan lainnya seperti menggambar, mewarnai, membaca puisi, bahkan sekali – sekali diadakan renungan malam untuk anak – anak yang lebih besar.

 

Pada Bulan Romadhon, kegiatan lebih banyak lagi dan terasa sempitnya musholla untuk menampung kegiatan dan jamaah yang semakin banyak. Alhamdullillah sepanjang bulan Romadhon kegiatan sholat taraweh selalu dipenuhi Jamaah dari awal sampai dengan akhir. Bahkan pada hari – hari awal, mosholla sama sekali tidak mampu menampung jamaah. Dan selalu setiap tahun, jamaah ibu – ibu dan remaja putri menempati halaman rumah pengurus mosholla. Namun jika cuaca hujan, praktis jamaah ibu – ibu dan remaja putri tidak dapat mengikuti kegiatan sholat taraweh tersebut.

Draft proposal selengkapnya, jika diperlukan dapat diunduh di sini : draft-proposal-renovasi-2.0.pdf


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: